Pantai Sanur

PANTAI SANUR
Pantai sanur terletak di kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, yang jaraknya kira-kira 4 km dari pusat kota Denpasar. Pantai ini terletak di sebelah timur dan selatan desa Sanur yang merupakan tepi Samudra Indonesia, sebelah selatan pulau Bali.
Tempat ini terkenal dari sejak dahulu kala terutama ketika terjadi perang Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906 yang mana Belanda mendaratkan tentaranya di pantai ini. Dalam sejarah Bali Kuno, pantai Sanur juga terkenal dan masih ada tugu batu bertulis yang merupakan prasasti Raja Kesari Warmadewa yang berkeraton di Singhadwala tahun 917, dimana sekarang terdapat Blanjong bagian selatan pantai Sanur. Di kalangan pariwisata, pantai Sanur pertama kali diperkenalkan oleh pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayuer bersama istrinya Ni Polok yang menetap di Sanur sejak tahun 1937.

Wisatawan di pantai Sanur senang menikmati matahari terbit (sun rise) dan berjemur di sepanjang pantai yang berpasir putih yang sangat ramai dikunjungi baik wisatawan mancanegara maupun nusantara. Hari minggu maupun hari libur tempat ini menjadi pilihan penduduk kota Denpasar untuk berkreasi dan mandi di laut, main kano, mancing, volley pantai, dll. Berbagai fasilitas pariwisata tersedia di sini berbaur dengan fasilitas untuk tempat tinggal penduduk, sehingga Sanur merupakan kawasan pariwisata terbuka berbeda dengan Nusa Dua yang merupakan kawasan tertutup. Pantai Sanur juga merupakan salah satu lokasi penyeberangan ke pulau Nusa Penida yang terletak di seberang timur pantai.